Cara connect (sambung) transfer data antara Oneplus Lolipop dengan Flash disc OTG

Selamat pagi sobat netizen semuanya yang berbahagia, kali ini saya mau mengupas teknik tentang cara connect atau menyambungkan oneplus one lolipop dengan flash disc OTG guna transfer data file gambar, video, music, dll dari HH menuju flash disc atau sebaliknya.

Syarat untuk bisa connect USB OTG adalah HH sudah wajib support hal ini karena kalau HH belum support, maka akan kesulitan dan tidak bisa dijalankah.

Syarat berikutnya anda sudah harus punya kabel OTG seperti penampakan pada gambar di bawah ini.

Sebelum saya teruskan mengupas cara sambung dengan usb OTG ini, maka perlu saya sampaikan bahwa semenjak saya updating HH saya merek oneplus one menjadi lolipop terbaru, maka justru sekarang saya kesulitan sambungkan HH saya dengan laptop. Seperti tidak ada reaksi gitu... mungkin sobat ada yang tahu bisa sharing ke saya ya? thanks sebelumnya.

Untungnya, guna transfer men transfer data file, USB OTG ini ternyata masih bisa berfungsi jadi ya memang agak ribet jika mau transfer data.


Sobat harus sudah punya perangkat cabel data otg ya... dan hh nya sudah wajib support otg juga lhow ya...xixixixixi

Langsung saja masuk ke step pertama, maka agan harus masuk ke menu setelan terlebih dahulu seperti gambar di bawah ini.


Langkah berikutnya scroll down atau geser ke bawah panel HH anda hingga anda menemukan menu "Penyimpanan" Klik menu "Penyimpanan" ini.


Setelah anda berhasil meng klik menu "Penyimpanan" maka anda akan menjumpai interface seperti gambar di bawah ini. Pastikan klik "tanda titik tiga" yang terletak di pojok kanan atas hingga muncul menu "Koneksi komputer USB" anda harus dan wajib klik menu "Koneksi komputer USB" ini dengan maksud supaya USB connect dengan HH (biasanya sich otomatis).


Selanjutnya, anda geser sedikit kebawah dan pastikan bahwa sudah ada notifikasi yang ada di layar yaitu menu "Lepaskan penyimpanan USB" yang artinya USB anda sudah terpasang dengan benar.


Selanjutnya, setelah USB anda terpasang atau tersambung dengan HH secara benar, maka masuk atau pilihlah menu "Manajer Berkas" yang ada di android Lolipop anda guna memilih file file mana saja yang akan anda pindahkan atau copy paste kan ke dalam USB.


Gambar di bawah ini adalah menu dari "Manajer Berkas". Terlebih dahulu pilihlah menu "Penyimpanan internal" dan pilihlah gambar (jika file nya memang gambar) dari folder DCIM jika anda ambil datanya melalui camera HH atau dari folder screenshoot jika anda ambil data gambarnya melalui screenshoot HH.


Berikut ini adalah folder folder yang ada di dalam internal memory HH anda.


Pilihlah file yang akan anda copy atau pindahkan. Anda bisa secara langsung memilih multiple atau banyak file sekaligus. Saran saya pindahkan dan jangan copy file supaya internal memory awet dan tidak cepat habis.



Setelah file berhasil di pilih dengan cara di centang, maka kembali lagi ke menu awal atau home dari manajer berkas dan kemudian pilihlah menu "Penyimpanan USB" guna mengarahkan file ke dalam USB.


Setelah berhasil masuk ke dalam memory USB, maka pilihlah tanda "titik tiga" di sebelah bawah pojok sebelah kiri untuk memunculkan menu perintah yang bisa anda pilih berupa menu "Folder baru" (untuk memasukkan file kedalam folder tertentu sehingga manajemen file menjadi lebih rapi dan tidak menyulitkan anda jika mau mengambil atau membutuhkan file tersebut). Setelah membuat "Folder baru" kemudian pilihkan menu "Pindah terpilih di t..." guna memindahkan file dan tidak menyisakan file backup dari memory internal HH anda.


Dibawah ini adala penampakan file gambar yang sudah berhasil masuk ke sd disk atau masuk memory flash disc.



Nach jika anda sudah selesain memindahkan file, JANGAN LANGSUNG CABUT USB melainkan anda terlebih dahulu harus masuk menu "Pengaturan" atau setting dan klik menu "Lepaskan penyimpanan USB" seperti gambar di bawah ini.


Demikianlah trik dari saya dan nantikan trik selanjutnya tentang oprek HH oneplus one yang lainnya. (maksudnya trik sederhana saja gan) dan bukannya trik flashing dan lain sebagainya.


2 komentar :

Posting Komentar