Benarkah Spec Gahar Smartphone China Meizu, One Plus One dll lebih baik dari Samsung?

Benarkah Spec Gahar Smartphone China Meizu, One Plus One dll lebih baik dari Samsung?

Sobat Netizen, kali ini saya mau memaparkan pengalaman saya menggunakan smartphone asal China atau Tiongkok, atau smartphone lokal dengan spesifikasi tingkat dewa. Benarkah sehebat iklan atau spesifikasi di atas kertas?

Sebelum saya panjang lebar menguraikannya, asal sobat netizen tahu saja bahwa saya telah banyak menggunakan smartphone atau tablet android Cina yang terkenal di daerahku.

Pengalaman pertama pada saat saya menggunakan Treq Turbo 3G plus yang pada saat itu sudah termasuk luarbiasa karena sudah menggunakan RAM 1 giga dan dual sim 3G. Dari sisi fitur dan menu yang disediakan tablet treg turbo 3g ini memang tergolong luar biasa karena sudah support EAP-SEAMLESS yang sangat flexibel ketika saya pakai akses wifi telkomsel flash tanpa perlu memasukkan username dan password. Pada saat itu, jarang sekali smartphone samsung yang bisa eap-seamless.

Pengalaman keduaku adalah pada saat saya menggunakan OnePlus One. Smartphone ini tergolong baru karena RAM nya yang luar biasa besar, yaitu 3 giga dan juga prosesor cepat 2,5 ghz dll belum termasuk gorilla glass, dan update lolipop. Memang lumayanlah pada saat saya menggunakan one plus one ini.

Nach pada saat saya baca media berbasis teknologi, lagi lagi saya jumpai produk Cina lainnya, yaitu Meizu 5 yang di claim oleh si media bahwa produk ini menghajar habis spesifikasi Samsung note 5.



Pada kesempatan ini saya akan mengulas benarkah spec gahar smartphone China memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan Samsung yang selevel?

Sekali lagi, paparan saya di sini bukan dari sisi teknis yang rumit, melainkan berdasarkan pengalaman pribadi saya saat menggunakan Treq Turbo, OnePlus One, dan Samsung Galaxy Grand 2 dll

Berikut ini daftar dari kelemahan smartphone China:
1. Walau spec diatas kertas menang dibandingkan dengan Samsung, tetapi Oneplus One yang memiliki RAM 3 giga masih sering nge lag, dibandingkan saat saya menggunakan Samsung yang hanya memiliki RAM 1,5 giga.



2. Pada saat saya menggunakan fitur broadcast sms atau sms group hingga 80 anggota, smartphone asal China ini sering hang dan tidak berdaya dibandingkan saat saya menggunakan Samsung.

3. Endurance atau daya tahan smartphone China yang kurang tahan uji. Contohnya, saat kena percikan air sedikit saja, Oneplus one saya, apalagi treg turbo saya sangat rentan lag, mengembun, dan mati serta reset ulang sendiri. Hal ini tidak saya alami pada saat saya menggunakan Samsung.

4. GPS yang kurang presisi adalah kelemahan lain dari smartphone buatan Cina ini. Entah ini hanya saya saja yang mengalaminya atau sobat netizen lain juga mengalaminya saya juga kurang tahu. Fitur compass pada treq turbo misalnya masih kalah dengan Samsung pada level yang sama.



5. Ghost touch atau kursor smartphone yang gerak gerak sendiri tidak karu karuan sering muncul pada saat smartphone china belum saya update. Hal ini sekali lagi tidak saya jumpai pada saat menggunakan Samsung.



Berikutlah ulasan saya yang bisa menjadikan sobat netizen berfikir ulang untuk membeli smartphone cina khususnya oneplus one atau yang lainnya karena walaupun di atas kertas menang secara spesifikasi nyatanya pada praktik di lapangan masih kalah dengan produk Korea. Entah di sisi qc nya tau apanya saya juga kurang tahu.

Hal ini rupanya tidak saya alami sendiri karena saya juga membandingkan dengan smartphone teman saya yang seorang sarjana komputer. Teman saya menggunakan Asus dengan speck gahar namun mengakui bahwa kinerjanya secara praktik masih bagusan merek Korea. Demikian juga dengan Lenovo dan seterusnya.

Review tersebut di atas tidak mempunya tendensi apa apa apalagi saya dapat bayaran dari pabrik asal Korea, tentu saja tidak. Namun review ini murni berdasarkan pengalaman saya yang memang suka gonta ganti smartphone. Jangan jangan si Meizu ini juga seperti itu. Makanya hati hati lah sebelum membeli dengan cara membaca review pengguna sebelumnya dan tidak harus yang jadi yang pertama atau pertamax hanya sekedar mengurusi masalah gengsi.

1 komentar :

Posting Komentar