Memilih hp smartphone berdasarkan spesifikasi atau berdasar pada merk?

Selamat pagi kapten!

Kali ini kopral mau sharing tentang pengalaman kopral saat memilih smartphone baru.

Beberapa saat lalu, kopral berpendapat bahwa merk smartphone saat ini tidaklah begitu mempengaruhi kinerja smartphone akan tetapi spesifikasi tinggilah yang banyak memberikan pengaruh.

Kalau meminjam istilah kapten bahwa minimal spesifikasi smartphone yang bagus adalah RAM minimal 2 giga, kemudian memory internal minimal 16 giga, kamera belakang 10 mega pixel, kerapatan minimal 250 ppl density, menggunakan processor snapdragon yang berjalan pada 1,5 GHz dan sudah support LTE/4G.

Spesifikasi tersebut di atas adalah spesifikasi paling minimal yang menurut kopral sudah benar benar layak bagi sebuah hp untuk dinamakan smartphone dan bukannya stupidphone yang lemot dan bikin stress.



Pada saat ini banyak sekali smartphone dengan merek yang tidak terkenal tetapi memiliki spesifikasi tinggi setinggi dewa semisal RAM 4 GB, Memory internal 64 G, Kamera 12 MP, Snapdragon 2,5 GHz, memiliki multiple core dan GPU dari Adreno, LTE/4G support dengan kapasitas batteray 4000 mAh, IP 67 anti air, dual SIM Card, dan lain sebagainya.

Apakah spesifikasi dewa tersebut di atas benar benar menjamin bahwa smartphone akan mulus dan lancar jaya?

Kalau menurut pengalaman saya, maka jawabannya adalah TIDAK! karena kopral pernah mendapatkan pengalaman pait dan sangat pait karena pernah membeli smartphone yang sebenarnya tidak begitu terkenal tetapi memiliki spesifikasi dewa yang saat itu kopral dengan percaya dirinya meng install semua aplikasi, dan menajalankannya secara multitasking. Hasilnya bagaimana? ternyata masih kalah dengan smartphone branded yang RAM nya cuman 1,5 G dll.



Kalah di bagian manakah, walaupun RAM gede tetapi lemotnya minta ampun, baterai walaupun besar kapasitasnya namun kenyataannya cepat habis, smartphone cepat panas, dan parahnya lagi kinerja akan sangat terganggu bahkan layarnya mati pada saat terkena cipratan air yang sangat sangat sedikit.

Jadi? masihkah spesifikasi dewa berpengaruh dan jadi satu satunya dasar membeli smartphone?

Kalau kopral sih berkaca dari pengalaman di atas mending membeli smartphone branded yang spesifikasi menengah supaya harganya tidak terlalu mahal di bandingkan membeli smartphone yang merek nya tidak jelas walaupun memiliki spesifikasi bak dewa.

Saat ini kopral menggunakan iPhone 6 dan android Samsung Note untuk keperluan nge blog.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar