Untuk membeli laptop, pilih yang RAM besar atau CPU kencang? Pilih Asus atau Acer?

Selamat pagi sobat,

Kalau di lihat judulnya, pilih RAM besar atau CPU kencang dengan clockspeed tinggi, pilih mana asus atau acer, maka tentu saja saya hanya akan membahas seputar RAM dan CPU dan juga focus pada kedua merk itu saja.

Sebelumnya perkenankan saya bercerita terlebih dahulu mengenai asal mulanya saya beli laptop baru ini karena tidak mungkin saya beli laptop baru tanpa sebab dan alasan yang jelas.

Beberapa saat lalu laptop saya hilang karena di ambil oleh orang. Mungkin maksudnya pinjam tapi tidak bilang bilang ke saya dan yang pasti dalam waktu yang relatif lama.

Menyesal setengah mati karena ia memuat data data banyak dan penting hasil pengembaraan saya di dunia maya mulai tahun 2008. Belum lagi software software full version yang sudah saya crack kode autentikasinya, film kartun, film hollywood, semuanya lenyap tak berbekas.

Laptop saya yang pertama, Acer yang awalnya cuman 1 Gb pada RAM nya, sudah saya upgrade jadi 2 Gb. Kemudian charger-nya juga baru, eh koq malah hilang di ambil maling. Ya sudahlah karena tidak akan balik juga walaupun saya meratap ratap minta tolong.

Acer saya yang hilang. Coba tebak seri apa ya? he...he...he..

Terpaksa saya beli dengan persyaratan bahwa laptop harus dibawah 4 juta karena sebagai PNS tentu uang saya pas pasan.

Cuman pertanyaannya laptop yang bagaimanakah dengan harga di bawah 4 juta tersebut?

Akhirnya saya browsing ke beberapa webstore terkemuka seperti bhineka, blibli, dan lazada. Saya lebih suka lazada waktu itu karna harganya yang lebih murah dan barangnya jaminan asli bergaransi pabrik resmi bukan sekedar garansi toko.

Selain browsing ke webstore saya juga sempat mengunjungi kaskus. Sayang, profile seller yang menjual barang yang sesua kritera saya ternyata kurang bisa meyakinkan.

Laptop kriteria saya adalah sebagai berikut:
1. Harga di bawah 4 juta.
Alasan saya memilih harga yang di bawah 4 juta adalah karena saya PNS yang berpenghasilan pas pasan dan tentu saja saya harus cermat dalam berinvestasi atau membelanjakan uang saya itu.

2. Layar kecil 11 inchi (ingin mencoba layar kecil)
Alasan saya memilih layar kecil karena saya orangnya mobile dan lebih suka yang mini dari pada yang maxi karena mini itu sexy dan indah.

3. Bobot tidak lebih dari 1,2 kg
Bobot netbook yang ringan, kurang dari 1.2 kg adalah bobot yang ideal dan pas untuk di bawa kemana mana dan tentunya tidak menyusahkan.

4. RAM 4 Gb
Saya sebenarnya tidak mengerti benar masalah teknologi. Hanya logika saya mengajarkan bahwa dengan jumlah RAM yang besar, otomatis kinerja netbook jadi bagus. Saya perbandingan dengan smartphone. Smartphone kelas flagship biasanya adalah gadget yang sudah mempunya RAM tinggi setidaknya 3 Gb. Masa iya ini netbook lho kog malah RAM nya cuman 2 Gb apalagi 1 Gb!

5. Processor >2,5 GHz
Dengan kecepatan processor yang tinggi, tentunya netbook akan menghasilkan kinerja yang lebih cepat. Lagi lagi dasar saya memilih processor yang tinggi karena saran dari teman saya dan saya sendiri sebenarnya tidak paham masalah ini.

6. Merk tidak mengikat asalkan bukan merk China abal abal tetapi China yang sudah lumayan bagus semacam Acer atau Asus.

Banyak orang bilang ACER jelek mudah rusak dan lain sebagainya. Kenyataannya dulu pada tahun 2008 saya beli ACER sedangkan adik saya beli TOSHIBA. Eh ternyata si TOSHI sudah masuk service beberapa kali sedangkan ACER yang katanya awas cepat rusak ternyata malah tidak pernah kenal yang namanya service center.

Singkat cerita, setelah saya browsing ke lazada, maka saya menemukan dua kandidat netbook/laptop ASUS X200MA dan ACER Aspire V11 Touchscreen.

Kalau dari spesifikasi, kedua laptop sama sama kereen...

1. ASUS x200ma sudah memenuhi RAM 4 Gb cuman sayang kecepatannya hanya maksimal 1,8 GHz dan belum touch screen (tidak masalah toh ini tidak masuk kriteria saya). Harga ASUS X200MA ini sudah termasuk murah 3.5 juta. Banyak sebenarnya ASUS X200MA yang lebih murah 3 juta sayangnya RAM nya kecil cuman 2 Gb. Selain itu Asus x200ma ini fiturnya sudah super complete, mulai colokan HDMI, USB 2, USB 3, SD READER, wifi, SONIC MASTER, dll

2. ACER aspire v11 touch screen ini memang keren karena sudah touch screen dan kecepatannya tinggi diatas 2GHz cuman sayang RAM nya koq cuman 2 Gb ya? sedangkan smartphone saja sudah ada yang 4 Gb hyperthread. Masak ya netbook koq kalah sama smartphone! Selain itu harganya juga lebih mahal yaitu 4.1 juta karena sudah di bekali windows 8.1 ori (cuman saya lebih suka DOS trus install sendiri 50.000 rupiah) kan lebih murah 1 juta lebih.

Yang agak bimbang adalah pada saat saya buka review dari salah satu majalah komputer terkenal, di beritakan bahwa kinerja ACER lebih baik dibandingkan ASUS. Cuman saya nekad beli majalah lainnya yang serupa, ternyata di bilang bahwa ASUS lebih baik dari ACER. Wah lha kog tidak sama terus yang dipakai patokan yang mana ini?

Ya sudah lah berbekal browsing kemana mana akhirnya saya temukan pilihan hidup saya yaitu ASUS X200MA walaupun saya harus hati hati membawanya pergi karena katanya sich harddisc nya gampang rusak tidak seperti ACER. Yach gini aja kalau rusak ya di perbaiki di service center nya toch pelayanan service senter dari ASUS terkenal jempolan.


Asus x200ma baruku saat buka facebook..

Begitulah sobat review saya, dan jangan lupa kembali ke halaman ini lagi karena postingan ini saya kerjakan buru buru dan belum sempat saya tulis secara lengkap dan masih akan saya update lagi besok.

3 komentar :

  1. Terima kasih info pengelamannya.


    Bapak kan seorang PNS, seharusnya menjadikan contoh yang baik pada masyarakat dengan tidak menggunakan OS bajakan.

    Hehe..

    BalasHapus
  2. makasih infonya pak, ramnya bukankah bisa di upgrade menjadi 4 GB?

    BalasHapus
  3. Hhee.. Jadi pd intinya..
    Kalo mau beli laptop..
    Mending pilih Acer apa Asus bang?
    Mau minta masukan dr abang nih...😁

    BalasHapus

Posting Komentar