Pilih Tablet (treq turbo 3g) atau Netbook (asus x200ma)

Selamat pagi sobat.

Banyak yang bertanya pada saya, baik secara langsung (offline) atau tidak langsung (online) mengenai manakah yang layak atau sebaiknya dibeli, tablet (treq turbo 3g) atau netbook (asus x200ma).

Jawaban dari pertanyaan di atas nampaknya sederhana tetapi rumit untuk diberikan penegasan manakah yang benar benar layak untuk di beli, tablet atau netbook.

Kebetulan, saya sudah punya tablet, yaitu treq turbo 3g. Cuman, saya tidak akan membahas spesifikasi teknik dari tablet saya, tetapi akan membahas kegunaannya.

Kegunaan dari tablet, khususnya untuk saya adalah untuk browsing. Tentu saja walaupun sederhana fungsinya, tetapi browsing sangat besar manfaatnya, utamanya bagi saya sebagai Internet marketer. Saya harus senantiasa mengupdate blog saya dan juga mencari cari golden keyword yang lagi trend untuk kemudian saya bidik peluang bisnis apa yang bisa di ambil dari sana.

tablet treq turbo 3g
 Merujuk pada jenis tablet yang ukurannya memang tidak sebesar netbook, tentu saja tablet sangat compact, ringkas, dan ringan. Hanya saja, untuk mengetik memang sulit dan tidak senyaman nettbook. Oleh karenanya, fokus dari manfaat tablet adalah untuk browsing, dan main game (dikala senggang) dan tentu saja untuk urusan sosial media seperti facebook dan twitter.

Sebenarnya, sebelum saya menulis ulasan antara manfaat tablet dan netbook saya belum pernah memiliki netbook secara pribadi kecuali netbook istri saya yaitu lenovo 10s. Sebelumnya, saya menggunakan ACER yang RAM nya sudah saya update ke 2 GHZ.

Cukup malang bagi saya karena seminggu yang lalu tas saya hilang beserta seluruh isinya, termasuk laptop yang ada di dalamnya.

Mau tidak mau, saya pun membeli netbook yang relatif lebih murah dibandingkan laptop biasa toh kegunaannya hanya untuk mengetik dan browsing, tentu saja, walaupun untuk urusan browsing sudah terwakili oleh tablet.

Netbook yang saya beli adalah ASUS X200MA yang sudah menggunakan RAM 4 Gyga. Tentu saja dengan jumlah RAM segitu, dibandingkan tablet treq turbo saya yang hanya RAM 1 Gyga tentu saja kinerja netbook jauh terasa ringan dan cepat.

Asus X200Ma


Jadinya, dengan menggunakan netbook saya juga bisa mobile lebih lama dan mudah karena baterray dari ASUS tergolong cepat di isi. Dalam waktu setengah jam, atau 30 menit, netbook Asus sudah terisi 30%. Dengan kondisi baterai 30%, saya sudah bisa melakukan aktifitas browsing selama satu setengah jam atau 90 menit. Waktu yang relatif lama untuk beraktifitas secara online.

Tentu saja, untuk urusan ketik mengetik, netbook menyuguhkan kemudahan yang luar biasa. Dan saya rasa, walaupun tuts keyboard kecil, toch jari jari tangan saya yang besar, saya bisa dengan mudah mengaksesnya.

Harga dari netbook ASUS X200MA ini juga tidak mahal hanya sekitar 3,5 juta rupiah dengan sistem operasi DOS yang artinya windows dan office-ya harus menginstall sendiri yang bisa dilakukan pihak service dengan membayar sekitar 50.000 rupiah. Dengan demikan DOS lebih murah dibandingkan dengan ACER Aspire V11 touch screen yang seharga 4,1 juta dengan original windows. Cuman sayang sekali, RAM pada Acer tersebut hanya 2 Gyga.

Kesimpulannya, kalau di suruh memilih, saya lebih suka netbook dibandingkan tablet. Alasannya:
1. Mudah mengetik.
2. Layar lebih lebar.
3. Bobot ringan tidak kalah dengan tablet.
4. Baterai awet dan juga tidak kalah dengan tablet.

Hanya mungkin kelemahan dari netbook adalah:
1. Harus terlebih dulu akses WiFi untuk akses internet atau bisa juga menggunakan Modem USB.
2. Dimensi netbook lebih besar dari tablet.

Tapi sekali lagi saya tegaskan bahwa semuanya tergantung anda pilih mana, walaupun saya secara pribadi lebih memilih netbook dari pada tablet.

Kalau boleh saran, jika agan mau beli barang via online saya rekomendasikan melalui link ini.

Untuk membeli laptop, pilih yang RAM besar atau CPU kencang? Pilih Asus atau Acer?



Tidak ada komentar :

Posting Komentar